Monday, June 16, 2014

Refleksi selama kuliah di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga 2012-2014

Saya memulai  kuliah di pascasarjana sejak 2 tahun lalu sekitar bulan Agustus 2012. Setelah mengikuti ujian dan memenuhi semua syarat pendaftaran akhirnya atas izin Allah swt saya diterima kuliah di Program Studi Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan bahasa Arab Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Senang rasanya saya dapat melanjutkan studi di jenjang S2 lebih-lebih di kampus terkenal ini.  Saya bersyukur kepada Allah swt sebab diberi kesempatan untuk belajar hingga jenjang Pascasarjana di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Masa-masa studi di kampus saya lalui dengan banyak suka dan duka. Suka karena bertemu dengan orang-orang hebat, Dosen yang berkelas profesor, Doktor. Suka karena bertemu dengan sahabat baru yang cukup beragam karakternya. Semua itu memberi banyak wawasan dan pengalaman berharga kepada saya. Saya mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan dari mereka dari hasil diskusi, dan ngobrol bareng. Saya sadar betul bahwa kuliah di jenjang s2 tentu harus lebih baik dari jenjang s1. Hal itu memang sebuah keharusan sebab kajian dan wawasan keilmuan saya dari s1 harus terus dikembangkan semenjak saya melanjutkan studi di s2. Jika tidak berkembang, tentu tidak ada artinya saya kuliah di S2 UIN Sunan Kalijaga ini.
Masih teringat saat harus membuat makalah bertumpuk-tumpuk, presentasi, mencari sumber rujukan, mencari buku, membaca berlembar-lembar halaman, dan harus memutar otak agar bisa menuliskan dalam bentuk karya ilmiah, itu semua sungguh mengajari saya bahwa hidup itu penuh dengan proses dan penuh dengan ketidakpastian. Kadang kesabaran itu teruji saat harus merevisi banyak halaman karena salah tulis atau kurang benar dalam menuangkan gagasan dalam tulisan.
Tak terasa kini saya sudah melalui semua tahapan itu selama dua tahun, dan kini saya sudah menyelesaikan tugas akhir saya yaitu tesis sebagai tanda bukti kelulusan saya selama studi di jenjang pascasarjana di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Rasa syukur yang tak henti-henti saya ucapkan kepada Allah swt dan kepada Ayah Ibu saya yang senantiasa mendoakan saya selama masa studi. Tanpa pertolongan Allah dan bantuan orang tua, saya tidak bisa mendapatkan kesempatan mahal ini. sungguh Allah Maha Kuasa atas segala Sesuatu. Semoga Ilmu yang saya dapatkan di Jenjang Pascasarjana (S2) UIN Sunan Kalijaga ini dapat bermanfaat bagi saya pribadi dan semua orang. Semoga, kelak setelah lulus saya dapat mengamalkan semua ilmu yang telah saya peroleh, dan berbagi kepada semua orang yang merasa membutuhkan ilmu yang saya punya, amin ya robbal'alamiin.


No comments:

Post a Comment