Thursday, September 26, 2013

Tema-Tema Kuliah Metodologi Penelitian Bahasa


OUTLINE PERKULIAHAN

A.    Identitas

1.    Mata kuliah                    :  Metodologi Penelitian Pembelajaran Bahasa
2.    Prodi                              :  Pemikiran Pendidikan Islam (S-2)
3.    Bobot                             :  3 SKS (16 kali petemuan)
4.    Dosen                             :  Dr. Abdul Munip, M.Ag

B.     Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Metodologi Penelitian diharapkan bisa memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang berbagai jenis penelitian di bidang pembelajaran bahasa, dan mengimplementasikannya dalam penelitian pembelajaran bahasa Arab. Setelah dipaparkan tentang langkah-langkah penelitian, selanjutnya mahasiswa diminta untuk mengkritisi hasil-hasil penelitian pembelajaran bahasa Arabdalam bentuk tesis atau disertasi. Mahasiswa juga diminta untuk berlatih menyusun proposal penelitian sesuai dengan permasalahan di bidang pembelajaran bahasa Arab yang telah didiskusikan sebelumnya

C.    Standar Kompetensi

Mahasiswa mampu memahami berbagai jenis metode penelitian di bidang pembelajaran bahasa Arab, mengkritisi hasil penelitian yang terkait, dan mampu menyusun proposal penelitian sebagai persiapan dalam penulisan tugas akhir atau tesis.

D.    Kompetensi Dasar

Setelah mengikuti kegiatan perkuliahan Metodologi Penelitian Pembelajaran Bahasa:
1.      Mahasiswa memahami ruang lingkup penelitian pembelajaran bahasa.
2.      Mahasiswa memahami karakteristik dan prosedur penelitian kuantitatif
3.      Mahasiswa memahami karakteristik dan prosedur penelitian kualitatif
4.      Mahasiswa memahami karakteristik dan prosedur Penelitian Tindakan Kelas
5.      Mahasiswa menganalisis kelebihan dan kelemahan berbagai hasil penelitian di bidang pembelajaran bahasa Arab.
6.      Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian di bidang pembelajaran bahasa Arab dan mempresentasikannya dalam perkuliahan

E.     Materi Pokok

1.      Ruang lingkup kajian penelitian pembelajaran bahasa
2.      Karakteristik dan Prosedur Penelitian Kuantitatif
a.       Karakteristik
b.      Jenis penelitian kuantitatif
c.       Langkah-langkah penelitian kuantitatif
                                                               i.      Permasalahan
                                                             ii.      Perumusan masalah
                                                           iii.      Tujuan dan kegunaan
                                                           iv.      Kajian Pustaka (prior research)
                                                             v.      Kajian Teori
                                                           vi.      Perumusan Hipotesis
                                                         vii.      Penentuan sumber data
                                                       viii.      Teknik pengumpulan data
                                                           ix.      Penyusunan instrumen pengumpulan data
                                                             x.      Pemaparan dan analisis data
                                                           xi.      Pelaporan hasil penelitian
3.      Karakteristik dan Prosedur Penelitian Kualitatif
a.       Karakteristik
b.      Jenis penelitian kuatitatif
c.       Langkah-langkah penelitian kuantitatif
                                                               i.      Permasalahan
                                                             ii.      Perumusan masalah
                                                           iii.      Tujuan dan kegunaan
                                                           iv.      Kajian Pustaka (prior research)
                                                             v.      Kajian Teori
                                                           vi.      Penentuan sumber data
                                                         vii.      Teknik pengumpulan data
                                                       viii.      Penyusunan instrumen pengumpulan data
                                                           ix.      Pemaparan dan analisis data
                                                             x.      Pelaporan hasil penelitian
4.      Karakteristik dan Prosedur Penelitian Literatur (Library Research)
a.       Karakteristik
b.      Prosedur penelitian
5.      Karakteristik dan Prosedur Penelitian Tindakan Kelas
6.      Kritik dan evaluasi terhadap hasil penelitian
7.      Penyusunan Proposal Penelitian

F.     Referensi

1.      Eli Hinkel (Ed), Handbook of Research in Second Language Teaching and Learning volume II (London: Routladge, 2011)
2.      Albahts al-Ilmi,  artikel
3.      Bill Johnston & Suzzane Irujo (Eds), Research and Practice in Language Teacher Education: Voice from The Field(Carla, Unibersity Of Minnesota, 2001)
4.      Muhammad Abd an-Nabi (Ed), Manhajiyat al-Bahtsi al-Ilmi
5.      Qamus al-Bahts al-Ilmi
6.      Kitabat al-Bahsi al Ilmi
7.      Bogdan& Biklen, Qualitiative Research For Education: Introduction to Theory and Methods (Boston: Allyn and Bacon Inc, 1982)
8.      Walter R Borg & Meredith Damien Gall, Educational Research: An Introduction (New York: Longman, 1989)
9.      Norman K denzin & Yvonna S. Lincoln, Handbook of Qualitative Research (London: Sage Publications, 1994)
10.  Fred N Kerlinger, Asas-Asas Penelitian Behavioral (edisi ketiga) (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1996)
11.  John Lofland & Lyn H. Lofland, Analyzing Social Settings: A Guide to Qualitiative Observation and Analysis(California: Wadsworth Publishing Company, 1984)
12.  John W Creswell, Research Design Qualitative & Quantitative Aproaches (London: Sage Publications, 1994)
13.  Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& (Bandung; Alfabeta, 2011)
14.  Muhammad Ali, Memahami Riset Perilaku dan Sosial (Bandung: Pustaka Cendekia Utama, 2011)
15.  Agus Salim, Bangunan Teori (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006)
16.  Masri Singarimbun dkk, Metode Penelitian Survey (Jakarta: LP3ES, 1995)

G.    Strategi Pembelajaran

Perkuliahan terdiri dari kegiatan tatap muka (perkuliahan, diskusi, pemberian tugas, presentasi dan lain-lain) dan tugas terstruktur (tugas mandiri) di luar perkuliahan. Metode yang digunakan adalah Lecturing interactive, Discovery learning, Diskusi, Praktek dan latihan,

H.    Evaluasi :

Penilaian dilakukan dengan mempertimbangkan kehadiran serta partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan.
Fokus penilaian dipusatkan pada aspek-aspek berikut:
1.      Keterlibatan dalam interaksi kelas (20 %),
2.      Kualitas presentasi dan balikan lisan yang diberikan kepada sesama mahasiswa terkait dengan ide tulisannya (35%)
3.      Kualitas tugas yang diserahkan baik dari segi substantif maupun paparannya dalam bentuk karya tulis formal (45 %)

I.       Time Line dan Topik Perkuliahan


Pertemuan ke
Topik Kuliah
Presenter
1
Review mata kuliah

2
Ruang Lingkup Penelitian Pembelajaran Bahasa

3
Penelitian Kuantitatif (1)

4
Penelitian Kuantitatif (2)

5
Penelitian Kualitatif (1)

6
Penelitian Kualitatif (2)

7
Penelitian Tindakan Kelas

8
Penyusunan Proposal Penelitian

9
Presentasi Kritik Hasil Penelitian (1)

10
Presentasi Kritik Hasil Penelitian (2)

11
Presentasi Kritik Hasil Penelitian (3)

12
Presentasi Proposal Penelitian (1)

13
Presentasi Proposal Penelitian (2)

14
Presentasi Proposal Penelitian (3)

15
Presentasi Proposal Penelitian (4)

16
Presentasi Proposal Penelitian (5)


Tugas:
1.      Mengkritisi hasil penelitian yang berupa tesis/disertasi tentang pemikiran pendidikan Islam ditinjau dari aspek:
a.       Latar belakang
b.      Permasalahan
c.       Rumusan masalah
d.      Tujuan dan kegunaan
e.       Kajian pustaka (penelitian terdahulu)
f.       Kerangka teori
g.       Metode penelitian
·         Pendekatan penelitian
·         Penentuan sumber data
·         Teknik pengumpulan data
·         Teknik analisis data
h.      Pemaparan hasil penelitian
i.        Kesimpulan
j.        Layout, pemakaian bahasa, kesalahan tulis
2.      Menyusun Proposal Penelitian untuk kepentingan tesis
Yogyakarta, September  2012
Dosen


Dr. Abdul Munif, M.Ag

No comments:

Post a Comment