OUTLINE
PERKULIAHAN
A.
Identitas
1.
Mata kuliah : Metodologi Penelitian Pembelajaran Bahasa
2.
Prodi : Pemikiran Pendidikan Islam (S-2)
3.
Bobot : 3 SKS (16 kali petemuan)
4.
Dosen : Dr. Abdul Munip, M.Ag
B.
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Metodologi
Penelitian diharapkan bisa memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang berbagai jenis penelitian di
bidang pembelajaran bahasa, dan mengimplementasikannya dalam penelitian
pembelajaran bahasa Arab. Setelah dipaparkan tentang langkah-langkah penelitian, selanjutnya mahasiswa
diminta untuk mengkritisi hasil-hasil penelitian pembelajaran bahasa Arabdalam bentuk
tesis atau disertasi. Mahasiswa juga diminta untuk berlatih menyusun proposal penelitian
sesuai dengan permasalahan di bidang pembelajaran bahasa Arab yang telah
didiskusikan sebelumnya
C.
Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu
memahami berbagai jenis metode penelitian di bidang pembelajaran bahasa Arab,
mengkritisi hasil penelitian yang terkait, dan mampu menyusun proposal
penelitian sebagai persiapan dalam penulisan tugas akhir atau tesis.
D.
Kompetensi Dasar
Setelah mengikuti kegiatan perkuliahan Metodologi Penelitian Pembelajaran
Bahasa:
1. Mahasiswa
memahami ruang lingkup penelitian pembelajaran bahasa.
2. Mahasiswa memahami
karakteristik dan prosedur penelitian kuantitatif
3. Mahasiswa
memahami karakteristik dan prosedur penelitian kualitatif
4. Mahasiswa
memahami karakteristik dan prosedur Penelitian Tindakan Kelas
5. Mahasiswa
menganalisis kelebihan dan kelemahan berbagai hasil penelitian di bidang pembelajaran
bahasa Arab.
6. Mahasiswa mampu
menyusun proposal penelitian di bidang pembelajaran bahasa Arab dan
mempresentasikannya dalam perkuliahan
E.
Materi Pokok
1.
Ruang lingkup
kajian penelitian
pembelajaran bahasa
2.
Karakteristik dan Prosedur Penelitian Kuantitatif
a.
Karakteristik
b.
Jenis penelitian kuantitatif
c.
Langkah-langkah penelitian kuantitatif
i.
Permasalahan
ii.
Perumusan masalah
iii.
Tujuan dan kegunaan
iv.
Kajian Pustaka (prior research)
v.
Kajian Teori
vi.
Perumusan Hipotesis
vii.
Penentuan sumber data
viii.
Teknik pengumpulan data
ix.
Penyusunan instrumen pengumpulan data
x.
Pemaparan dan analisis data
xi.
Pelaporan hasil penelitian
3.
Karakteristik dan Prosedur Penelitian Kualitatif
a.
Karakteristik
b.
Jenis penelitian kuatitatif
c.
Langkah-langkah penelitian kuantitatif
i.
Permasalahan
ii.
Perumusan masalah
iii.
Tujuan dan kegunaan
iv.
Kajian Pustaka (prior research)
v.
Kajian Teori
vi.
Penentuan sumber data
vii.
Teknik pengumpulan data
viii.
Penyusunan instrumen pengumpulan data
ix.
Pemaparan dan analisis data
x.
Pelaporan hasil penelitian
4.
Karakteristik dan Prosedur Penelitian Literatur (Library Research)
a.
Karakteristik
b.
Prosedur penelitian
5.
Karakteristik dan Prosedur Penelitian Tindakan Kelas
6.
Kritik dan evaluasi terhadap hasil penelitian
7.
Penyusunan Proposal Penelitian
F.
Referensi
1.
Eli Hinkel
(Ed), Handbook of Research in Second Language Teaching and Learning volume
II (London: Routladge, 2011)
2.
Albahts
al-Ilmi, artikel
3.
Bill
Johnston & Suzzane Irujo (Eds), Research and Practice in Language
Teacher Education: Voice from The Field(Carla, Unibersity Of Minnesota,
2001)
4.
Muhammad Abd
an-Nabi (Ed), Manhajiyat al-Bahtsi al-Ilmi
5.
Qamus
al-Bahts al-Ilmi
6.
Kitabat
al-Bahsi al Ilmi
7.
Bogdan&
Biklen, Qualitiative Research For Education: Introduction to Theory and
Methods (Boston: Allyn and Bacon Inc, 1982)
8.
Walter R
Borg & Meredith Damien Gall, Educational Research: An Introduction
(New York: Longman, 1989)
9.
Norman K
denzin & Yvonna S. Lincoln, Handbook of Qualitative Research
(London: Sage Publications, 1994)
10. Fred N Kerlinger, Asas-Asas Penelitian Behavioral (edisi
ketiga) (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1996)
11. John Lofland & Lyn H. Lofland, Analyzing Social
Settings: A Guide to Qualitiative Observation and Analysis(California:
Wadsworth Publishing Company, 1984)
12. John W Creswell, Research Design Qualitative &
Quantitative Aproaches (London: Sage Publications, 1994)
13. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan
R& (Bandung; Alfabeta, 2011)
14. Muhammad Ali, Memahami Riset Perilaku dan Sosial
(Bandung: Pustaka Cendekia Utama, 2011)
15. Agus Salim, Bangunan Teori (Yogyakarta: Tiara
Wacana, 2006)
16. Masri Singarimbun dkk, Metode Penelitian Survey (Jakarta:
LP3ES, 1995)
G.
Strategi Pembelajaran
Perkuliahan
terdiri dari kegiatan tatap muka (perkuliahan, diskusi, pemberian tugas,
presentasi dan lain-lain) dan tugas terstruktur (tugas mandiri) di luar
perkuliahan. Metode yang digunakan adalah Lecturing interactive, Discovery
learning, Diskusi, Praktek dan latihan,
H.
Evaluasi :
Penilaian dilakukan dengan
mempertimbangkan kehadiran serta partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan.
Fokus penilaian dipusatkan pada
aspek-aspek berikut:
1. Keterlibatan
dalam interaksi kelas (20 %),
2. Kualitas
presentasi dan balikan lisan yang diberikan kepada sesama mahasiswa terkait
dengan ide tulisannya (35%)
3. Kualitas
tugas yang diserahkan baik dari segi substantif maupun paparannya dalam bentuk
karya tulis formal (45 %)
I.
Time Line dan Topik Perkuliahan
Pertemuan ke
|
Topik Kuliah |
Presenter
|
1
|
Review mata kuliah
|
|
2
|
Ruang
Lingkup Penelitian Pembelajaran Bahasa
|
|
3
|
Penelitian
Kuantitatif (1)
|
|
4
|
Penelitian
Kuantitatif (2)
|
|
5
|
Penelitian Kualitatif (1)
|
|
6
|
Penelitian
Kualitatif (2)
|
|
7
|
Penelitian
Tindakan Kelas
|
|
8
|
Penyusunan
Proposal Penelitian
|
|
9
|
Presentasi Kritik Hasil
Penelitian (1)
|
|
10
|
Presentasi Kritik Hasil
Penelitian (2)
|
|
11
|
Presentasi Kritik Hasil
Penelitian (3)
|
|
12
|
Presentasi
Proposal Penelitian (1)
|
|
13
|
Presentasi
Proposal Penelitian (2)
|
|
14
|
Presentasi
Proposal Penelitian (3)
|
|
15
|
Presentasi
Proposal Penelitian (4)
|
|
16
|
Presentasi
Proposal Penelitian (5)
|
Tugas:
1.
Mengkritisi hasil penelitian yang berupa
tesis/disertasi tentang pemikiran pendidikan Islam ditinjau dari aspek:
a. Latar belakang
b.
Permasalahan
c.
Rumusan masalah
d.
Tujuan dan kegunaan
e.
Kajian
pustaka (penelitian
terdahulu)
f.
Kerangka teori
g.
Metode penelitian
·
Pendekatan penelitian
·
Penentuan sumber data
·
Teknik pengumpulan data
·
Teknik analisis data
h.
Pemaparan hasil penelitian
i.
Kesimpulan
j.
Layout,
pemakaian bahasa, kesalahan tulis
Yogyakarta, September 2012
Dosen
Dr. Abdul Munif, M.Ag
No comments:
Post a Comment